Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Channel Youtube dismonetisasi karena Jam tayang turun


Channel youtube sudah monetisasi penghasilan sudah jalan namun tidak pernah upload yang akhir nya menyebabkan channel tersebut dismonetisasi. Mengapa demikian?. Inilah yang terjadi pada akun saya, mendadak pagi ini mendapat email jika salah satu akun youtube yang saya miliki sudah tidak menayangkan iklan.

Email pertama yang saya terima dari youtube adalah tentang pemberitahuan jika channel anda sudah tidak aktif beberapa bulan. Email tersebut saya terima pada bulan ke-5 dari terakhir saya upload video, dan ini ternyata sesuai dengan kebijakan adsense baca lengkap disini.

Pada saat saya menerima email tentang status Program Partner YouTube tersebut, kondisi channel saya masih aktif monesisasi dengan iklan yang masih tayang. Untuk isi email yang saya terima kurang lebih seperti berikut ini.


Sesuai dengan kebijakan program partner youtube (ypp) email tersebut memang baru sebagai peringatan untuk pada kreator ketika sudah tidak aktif selama 5 bulan. Hal ini sesuai dengan keterangan pada peraturan (Ypp) pada halaman ini.

Alasan akun AdSense Anda dinonaktifkan
Akun AdSense dinonaktifkan karena tidak ada aktivitas. Jika akun yang ditautkan ke channel tidak aktif selama beberapa waktu tertentu, kami akan mulai memberi tahu Anda. Jika akun AdSense Anda memiliki aktivitas iklan atau penghasilan, akun tersebut tidak akan dinonaktifkan.

Setelah 5 bulan tidak aktif
  • Anda akan menerima email dari AdSense yang memberi tahu bahwa akun Anda akan dinonaktifkan kecuali akun tersebut memiliki aktivitas iklan atau penghasilan.
Setelah 6 bulan tidak aktif
  • Akun AdSense Anda dinonaktifkan.
Namun jika kita pahami dari bahasa diatas, maka peraturan tersebut berlaku untuk akun adsense bukan untuk akun youtube. Pada point peraturan diatas tindakan dikenakan untuk akun adsense apabila selama 6 bulan pada akun adsense tersebut tidak ada aktivitas maka akun adsense akan dinonaktifkan.

Akun adsense yang dinonaktifkan karena tidak ada aktivitas kemungkinan karena akun tersebut dikaitkan dengan channel youtube yang belum monetisasi, atau dengan channel youtube yang sudah ter-banned sehingga tidak ada aktivitas saldo masuk tiap bulanya sehingga akun adsense dinonaktifkan

Dari peraturan yang sudah kita baca pada keterangan diatas atau pada halaman ini, jelas tidak ada kaitanya dengan channel youtube yang tiba-tiba mengalami dismonetisasi. Jika demikian mengapa channel youtube saya ter-dismonetisasi?.

Kembali ke email yang saya terima diatas, dalam email tersebut ada keterangan sebagai berikut ini.
Kami lihat Anda belum memposting konten di channel YouTube Anda, Laskar Jawa, selama beberapa bulan. Akibatnya, Anda tidak lagi memenuhi kriteria kelayakan untuk Program Partner YouTube (YPP). Kami memahami pentingnya monetisasi bagi Anda sebagai kreator. Oleh karena itu, kami ingin memberitahukan bahwa jika Anda tidak memenuhi batas minimum kelayakan YPP dalam 30 hari ke depan, kami akan menonaktifkan monetisasi di Laskar Jawa. Setelah itu, kami akan membatalkan kontrak Anda dan Anda harus mengajukan permohonan kembali untuk bergabung ke YPP. 

Mencoba memahami isi email diatas berarti karena channel youtube saya tidak upload video selama berbulan-bulan bisa menyebabkan channel tersebut dismonetisasi. Kemudian tepat 30-hari setelah saya menerima email tersebut fitur monetisasi pada channel youtube saya dinonaktifkan.

Ketika channel youtube monetisasi nya dinonaktifkan otomatis logo dollar hijau juga hilang, karena penasaran akhir nya saya coba membuka menu penghasilan disebelah kiri dashboard studio youtube. Pada menu tersebut data seperti ini yang saya dapati.


Dari gambar diatas bisa kita ambil kesimpulan seperti ini. Channel youtube tersebut dinonaktifkan monetisasi nya karena dalam kurun waktu satu tahun tidak bisa mendapat 4000 jam tayang. Jadi 4000 jam tayang pada channel youtube bukan hanya sebagai syarat awal.

Walaupun syarat 4000 jam tayang sudah terpenuhi untuk monetisasi youtube namun ternyata dalam kurun waktu 365 hari atau satu tahun jika channel youtube kita tidak mampu mendapat penayangan 4000 jam tayang maka channel akan dinonaktifkan monetisasi nya.

Dari kasus ini saya menjadi paham, untuk menjaga agar channel youtube tetap monetisasi maka tetap harus menjaga jam tayang dengan minimal penayangan 4000 jam tayang selama kurun waktu 365 hari atau satu tahun.

Jika channel youtube tidak pernah upload kemudian video lama yang sudah diupoad tidak mendapatkan viewer tidak ada yang nonton maka kemungkinan jam tayang turun dan channel menjadi dismonetisasi. Namun apabila channel tersebut tetap mendapatkan viewr dengan jumlah tayangan minimal 4000 jam tayang selama kurun waktu setahun, maka walaupun channel tersebut tidak upload video lagi maka tidak ada dismonetisasi.

Intinya begini, channel youtube boleh tidak upload video lagi namun syaratnya dalam kurun waktu setahun minimal harus mendapatkan penayangan 4000 jam tayang agar status monetisasi tidak dinonaktifkan.