Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Kembang Soka Girimulyo, Kulonprogo


Potensi Wisata alam di Yogyakarta banyak sekali, dan banyak yang belum di kenal masyarakat bahkan di yogyakarta sendiri. Khusus nya di daerah kulonprogo memiliki potensi wisata yang menarik yang perlu di jelajahi. Yang menjadi trend saat ini dan mungkin sudah banyak yang tahu yaitu kalibiru. Padahal Selain kalbiru, dan waduk sermo, kulon progo juga banyak memiliki potensi wisata alam yang menarik. Jadi jangan cuma tau kali biru aja ya kalo ke kulonprogo.
Air Terjun Kembang Soka
Lokasi : Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo
Dalam kesempatan kali ini saya sengaja jalan-jalan ke tempat baru di wilayah selatan jogja tepatnya di kabupaten kulonprogo. Salah satu wisata baru yang saya kunjungi adalah air terjun kembang soka. Di tempat ini merupakan kumpulan air terjun yang mengalir dari sungai kecil di sekitar pedesaan, dengan kondisi air yang sangat jernih dan sejuk, cocok untuk bersantai. 

Di obyek wisata kembang soka ini anda juga bisa berenang karena terdapat semacam embung atau kolam yang jernih, karena airnya berasal dari kumpulan air terjun kembang soka. Keunikan di wisata alam kembang soka ini ialah gugusan air terjun yang tidak hanya satu, ada beberapa gugusan air terjun yang mengalir sehingga menjadi suatu kolam alami yang sangat jernih


Air terjun pertama dengan gugusan batu bertingkat dan air yang sangat jernih, tebing tebing dibalik air pun jelas terlihat, air pegunungan yang sangat jenir dan bersih menjadi ciri khas dari air terjun ini. sejuknya suasana sekitar membuat lelah perjalanan menjadi lenyap seketika. belum lagi ketika kita menyentuh dinginya air alam yang kemurnianya selalu terjaga.


Dari air terjun pertama menyusuri jalan setapak ke arah bawah nampak di sebelah kanan air terjun ke dua yang tak kalah indahnya dengan air terjun yang pertama, pada air terjur yang kedua ini terdapat semacam kolam di bawah nya, dengan air yang jernih dan nampak kebiru-biruan dari kejauhan.


Di akhir gugusan air terjun kembang soka terdapat kolam alami yang sangat jernih, bagi para pengunjung di perbolehkan untuk berenang di kolam ini, kedalaman kolam anatara 2meter - 5meter, namun bagi anda yang tidak bisa berenang tetap bisa menikmati segarnya air kolam karena dari pihak pengelola juga menyewakan ban dan rompi pelampung untuk para pengunjung.




Rute Menuju Kembang Soka :
Dari Jogja : Dari Simpang Jembatan Layang Jombor - perempatan Demak Ijo Ring Road Barat - Jl. Godean - Pasar Godean - perempatan Nanggulan - Pasar Kenteng - Kecamatan Girimulyo - Pasar Jonggrangan - pertigaan Goa Kiskendo ambil kiri - Dusun Banyunganti - Dusun Gunung Kelir - Air Terjun Kembang Soka
Dari Magelang : Ambil arah kalibawang via mendut atau via muntilan - Nanggulan - Pasar Kenteng - Kecamatan Girimulyo - Pasar Jonggrangan - pertigaan Goa Kiskendo ambil kiri - Dusun Banyunganti - Dusun Gunung Kelir - Air Terjun Kembang Soka.