Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Pasir Putih Nusakambangan Hidden Gems di Selatan Pulau Jawa


Mendengar Kata atau nama tempat "Nusakambangan" mungkin terkesan ngeri buat orang umum. Sebuah pulau yang terkenal sebagai penjara bagi penjahat kelas kakap, orang yang tidak tahu bisa jadi menganggap pulau nusakambangan sebagai daratan yang terisolir dan tertutup. Padahal di balik kesan kengerian pulau penjara no wahid di indonesia ini nusakambangan menyimpan sejuta keindahan langka yang perlu kamu kunjungi.

Tidak butuh biaya mahal untuk travelling ke pulau penjara ini, tidak pula perlu ijin khusus, karena sudah ada pemandu lokal yang siap membantu kamu untuk menyusuri rute pantai-pantai indah di bagian timur pulau ini. (karena bagian tengah adalah lokasi penjara tidak boleh di kunjungi tanpa ijin khusus :D)

Rute menuju nusakambangan.
Ada dua pintu yang bisa kamu lalui untuk menikmati keindahan pulau nusakambangan ini,
1. Melalui pelabuhan wisata SLEKO
Jika kita melalui pelabuhan ini, kita harus mengikuti tour wisata menggunakan kapal wisata dan harus berombongan. Biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit, untuk 8 orang paling tidak kamu harus mengeluarkan sekitar 1.500.000,- untuk sekali tour wisata. Buat keluarga atau rombongan bis saya rasa lebih cocok lewat jasa tour wisata nusakambangan via Pelabuhan SLEKO. karena lebih aman dan kapal yang lebih besar. namun ada batasan waktu tour sesuai yang di tentukan dari jasa tour.
2. Melalui Pantai Nusakambangan
Sekedar tips, buat kamu yang ingin berlama-lama seharian bersantai di pantai pasir putih pulau nusakambangan, saya sarankan bagi anda yang senang backpaker untuk melalui rute ini, khususnya buat kamu yang senang traveling menantang dan terutama kamu yang berjiwa muda. Dengan menyewa perahu nelayan 15rb/orang maksimal orang 15. atau 80rb untuk dua orang, kamu sudah bisa menikmati layanan antar jemput ke pantai pasir putih pulau nusakambangan, dengan batasan waktu kunjung jam 6 pagi sampai jam 5 sore.













Buat kamu yang suka backpaker bisa memilih hari diluar hari libur, dengan perkiraan wisatawan pengunjung tidak ramai sehingga bisa merasakan pantai alami yang sepi serasa pantai pribadi.

Menurut info yang saya dapatkan dari pemandu lokal diperbolehkan bermalam dan berkemah di pulau nusakambangan di seputaran lokasi pantai pasir putih, tapi harus mengantongi ijin dahulu dari aparat setempat yang berwenang.